Senin, 12 Desember 2011

Makna kalimat al din dan al millah dalam al-Qur`an

Dalam kerangka inilah penulis mencoba melakukan penelitian literer mengenai salah satu kandungan al-Qur’an, yaitu tentang makna kata al din dan al millah dalam al-Quran, dalam hal ini penulis menggunakan pendekatan semantik untuk menganalisa kata tersebut.

Dalam skripsi ini penulis merumuskan masalah sebagai berikut: pertama, apa makna kata al din dan al millah yang terkandung dalam al-Qur’an, kedua, bagaimana penggunaan kata al din dan al millah dalam al-Quran, ketiga , apa perbedaan antara kata al din dan al millah.

Metode yang dipergunakan oleh penulis dalam skripsi ini adalah metode deskriptif, dan komparatif. Penulis mendeskripsikan pendapat ulama ahli bahasa dan ahli tafsir tentang makna kata al din dan al millah dalam al-Qur’an, kemudian menganalisis penggunaan kedua kata tersebut berdasarkan pendapat para ulama’ tafsir dalam menafsirkan kedua kata tersebut.

Dari hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa :

Kata al din dan al millah adalah lafadz yang bersinonim walaupun tidak sama persis. Jumlah kata dan makna kedua kata tersebut adalah :

Kata al din disebutkan sebanyak 92 kali dalam al-Qur`an yang terdapat dalam 82 ayat. Adapun makna kata al din dalam al-Qur`an adalah perhitungan (al hisab), pembangkitan (al ba`ts), pembalasan (al jazak), ketetapan (al qodlok), ganjaran (al tsawab), siksaan (al iqob), ibadah, doa, tauhid, ketaatan, agama, dan hukum.

Kata al millah disebut dalam al-Quran sebanyak 10 kali dan mempunyai makna agama serta syariat.

Sedangkan penggunaan kedua kata tersebut dalam al-Qur’an adalah

1. kata al din mempunyai arti perhitungan (al hisab), pembangkitan (al ba`ts), pembalasan (al jazak), ketetapan (al qodlok), ganjaran (al tsawab), siksaan (al iqob), ketika al-Quran membicarakan tentang hari qiyamat . sebagaimana terdapat dalam surat al fatihah : 4, al hijr : 35, al nur : 25, al syuara : 82, al shofat : 20, shod : 78, al dzariyat : 6, 12, al waqiah : 56, al maarij : 26, al mudatsir : 46, al infithor : 9, 15, 17, 18, al muthofifin : 11, al tin : 7 al maun : 1.

2. kata al din mempunyai makna ibadah, doa, tauhid, ketaatan ketika al-Quran membahas tentang pemurnian terhadap Allah. Seperti yang terdapat pada surat al baqoroh : 193, al nisak : 146, al a`raf : 29, al anfal : 39, yunus : 22, yusuf : 40, al nahl : 52, al ankabut : 65, al ruum : 30, luqman : 32, al zumar : 2, 3, 11, 14, ghofir : 14, 65, al bayyinah : 5.

3. kata al din mempunyai arti hukum dan ketetapan ketika al-Quran membahas mengenai pengambilan hukum yang dilakukan olehNya maupun yang dilakukan oleh hambaNya seperti dalam surat yusuf : 76, al nur : 2.

4. kata al din bermakna al millah dan syariat ketika ia berada dalam kontek pembahasan penetapan syariat tuhan terhadap hambaNya. Sebagaimana dalam surat al syura : 13, al ruum : 30.

5. kata al din berarti sesuatu yang dianut oleh manusia ketika berada dalam konteks pembahasan mengenai keyakinan seperti dalam surat al mumtahanah : 8, 9, al fath : 28, al ahzab : 5, ali imran : 24, al nisak : 60 al kafirun : 6.

6. kata al millah mempunyai arti sesuatu yang dianut oleh seseorang (al din) ketika ia berada dalam konteks pembahasan mengenai keyakinan yang dianut oleh seseorang. Seperti dalam surat al baqarah : 135, al an`am : 161, shod : 7.

7. kata al millah mempunyai arti syariat ketika ia berada dalam kenteks pembahasan mengenai penetapan syariat tuhan terhadap hambaNya. Seperti dalam surat ali imran : 95, al haj : 78. DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar